November 3, 2015

BELAJAR BIKIN APLIKASI TEKNIK SIPIL DENGAN VISUAL STUDIO 2012 - 1. MEMULAI VISUAL STUDIO 2012

Buka Visual Studio 2012 yang telah terinstal di perangkat anda. Lalu klik New Project. Setel... thumbnail 1 summary



Buka Visual Studio 2012 yang telah terinstal di perangkat anda. Lalu klik New Project.

Setelah itu akan banyak pilihan template. Disini kita pilih Windows Forms Application. Pada kolom “Name” ketikkan nama project anda. Untuk awal kita namakan saja “Coba coba”. Lalu klik OK. Disini project akan otomatis tersimpan dalam folder Visual Studio di My Document.



Lalu tampilan areal kerja muncul. Disini saya akan memperkenalkan beberapa hal penting yang ada di areal kerja. Untuk yang dilingkari warna merah adalah areal Toolbox yang merupakan kumpulan peralatan yang digunakan dalam menyusun GUI program. Lalu linkaran hitam adalah areal AForm, tempat kita mendesain program. Dan areal biru adalah bagian pengaturan properties. Dibagian ini kita bisa mengatur warna, jenis dan ukuran font, sampai pada masalah tampilan form juga diatur disini.

Nah selanjutnya kita akan memulai membuat program sederhana, yaitu pesan “Program pertama nich” yang merupakan awal pelajaran dari semua program. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut sesuai nomor yang ada pada gambar :
1.       Klik icon “button” yang ada pada toolbox
2.       Tahan klik dan Drag kursor untuk membuat gambar “button”
3.       Pada tab properties, pilih kolom klik dang anti tulisan Button 1 menjadi Munculkan . Ini akan mengganti tulisan yang ada pada gambar button.

Setelah itu klik 2 kali pada gambar button dan akan menampilkan area coding. Pada bagian tengah antara Private Sub dan End Sub ketikkan MessageBox.Show(“Program pertama nich”)

Lalu klik tombol start dengan ikon segitiga hijau yang ada pada menu bar atau tekan F5 yang akan merunningkan program. Dan Tarrararararara, program alay pertama kita berhasil dibuat.


Nah, sekian tutorial untuk kali ini. Selanjutnya kita akan belajar mengenal Variabel pada Visual Studio 2012. 

No comments

Post a Comment

Blogwalker yang bijak selalu meninggalkan jejak berupa saran dan komentar :)